Senin, 14 Desember 2015

Tarian Manca Negara
Tari Aborigin Australia
Tarian Aborigin
Tarian Adat Australia berkaitan dengan lagu yang dibawakan dengan apa yang alaminya sehingga  membuat seperti Realitas. Mereka akan meniru tindakan binatang tertentu dalam proses bercerita. Pertunjukan ritual memberi mereka pemahaman tentang diri mereka sendiri dalam interaksi kekuatan-kekuatan sosial, geografis dan lingkungan. Tarian Adat Australia biasanya berlangsung di tempat suci. Istilah Corroboree umumnya digunakan dalam budaya Australia umum untuk menyebut tarian Aborigin Australia, namun istilah ini memiliki asal-usul antara orang-orang dari wilayah Sydney. Di sejumlah tempat orang-orang Aborigin Australia akan melakukan “corroborees” bagi wisatawan.
Berbagai bentuk tari datang ke Australia yang dibawa oleh Bangsa Eropa. Mereka mengunjungi rakyat Australia kemudian mempertunjukkan tarian mereka. Balet dan teater menjadi sangat populer di Australia . Daya tarik Ballet khususnya Romantis membawa banyak penari Eropa dan Amerika untuk tampil di Australia.
Balet
Sejumlah pelatihan balet Australia didirikan pada 1940-an dan 1950-an. Kemudian Sekolah Ballet Australia didirikan pada tahun 1964 dan berbagai perusahaan tari kontemporer berkembang selama tiga dekade ke depan, termasuk Ekspresi , Bangarra Dance Theatre dan The Aborigin Islander Dance Theatre .
 Tari Adai Adai dari Brunei Darussalam
Merupakan tarian traditional bagi suku kaum Brunei yang berdasarkan pada kehidupan kaum nelayan. Tarian ini mengisahkan cerita kumpulan nelayan pergi menangkap ikan di laut manakala kaum wanita menunggu kepulangan mereka di kawasan pantai untuk membantu mengutip hasil tangkapan yang akan diperolehi.
Tarian Adai-adai ini biasanya ditarikan oleh pasangan empat lelaki dan empat perempuan ini diiringi oleh pukulan rebana dan gambus serta nyanyian dengan rentak hampir sama dengan rentak tarian japin yang terdapat di Semenanjung Malaysia. Tarian Adai-Adai biasanya diadakan semasa keramaian suku kaum Brunei ataupun menyambut ketibaan orang-orang kenamaan. Penari-penarinya juga memakai pakaian khas yang berwarna warni.
Kadang-kala tiada alatan muzik digunakan, sebaliknya bunyi yang mengiringi nyanyian adalah hentakan pengayuh di bahagian pinara sampan atau perahu yang didayung serta pukulan buyung atau keduit. Tarian ini sering dipersembahkan di majlis-majlis keramaian.

Sufi berputar dari Turki

Sufi berputar (bahasa Turki: Mawlaw'īyya, bahasa Inggris: Mevlevi Order, atau Mevlevilik / Mevleviye Molavīyeh adalah bentuk dari Sama atau meditasi aktif secara fisik atau sebuah tarekat sufi di Konya (sekarang bernama Turki) yang dilakukan oleh pengikut Jalaluddin Muhammad Balkhi-Rumi, (abad ke-13, Persia) penyair, ahli hukum Islam, dan teolog. Mereka juga dikenal sebagai Para Darwis Berputar karena terkenal diwaktu melakukan tarian mereka berputar dan hal tersebut sebagai bentuk zikir (mengingat Allah). Darwis adalah istilah umum untuk seorang inisiat dari jalan sufi, menari berputar-putar merupakan bagian dari upacara Sama dan para penari dikenal sebagai semazen-s. Master saat order Cheikha Nur, Artiran Nur lahir.. Pada tahun 2005, UNESCO mempatenkan "Upacara Mevlevi Sema" dari Turki sebagai Karya Agung Warisan Lisan dan Takbenda Kemanusiaan.

Tari Tinikling dari Filipina
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiDAmZUSAAiGENgRCzLPPbCTBrVG-zcky16lqsi3BMOr6DphQjG9bLG55aQpV9q7YEurNQZ-1MDMqxuPBIDlGx3CbOYgYcY_cjrJDJa-hWXH_v5FJBLmn9monf10C8UzTFpSZkDFCMkaiI/s1600/Untitled.png4.png
Tarian ini berasal dari Leyte antara Visayan pulau-pulau di Filipina tengah sebagai tiruan dari burung tikling yang menghindari perangkap bambu yang ditetapkan oleh petani padi. Tarian ini meniru gerakan burung tikling karena mereka berjalan di antara batang rumput, berjalan di atas cabang pohon, atau perangkap bambu menghindar ditetapkan oleh petani padi. Penari legendaris meniru burung tikling dan kecepatan dengan terampil manuver antara tiang bambu besar.
Bentuk tarian yang menggunakan tiang dan fancy footwork. Biasanya, gaya tari tinikling ialah di mana dua pemain individu menggunakan tiang bambu untuk memukul, tekan, dan geser di atas tanah dan terhadap satu sama lain dan bersama dengan penari lebih yang melangkah di atas dan di antara kutub. 

Tarian rakyat bangsa minoritas Kho Mu Vietnam
          Kesan pertama bagi kami ketika mencari tahu tarian rakyat bangsa minoritas Kho Mu ialah disamping gerak berpindah yang kaya macamnya, gema suara bonang yang bergema berkepanjangan tak henti-hentinya telah menambah keindahan dari setiap irama tarian.

http://vovworld.vn/Uploaded/anhdung/2011_12_25/OCEO.jpeg
(Tari-tarian Oc Eo dari Rakyat etnis minoritas Kho Mu. Foto: muavietnam.com)
          Setiap kali mendengarkan turun naiknya alun suara bonang, siapa saja akan merasa bersemarak dalam hati, turut bersenandung dan ingin menggerak-gerakkan kaki. Di tengah-tengah daerah pegunungan Tay Bac (daerah Barat Laut Vietnam Utara) yang masih alami, megah, gema suara bonang rakyat etnis minoritas Kho Mu berbaur dengan suasana yang jernih, dan sejuk sehingga membuat dukuh semakin lebih meriah pada hari-hari pesta

Tari Kipas, Korea. 
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS9fvVaoIBpEtvpQBbafO9n6cWzHebqfuA_hH3cNkHaojHp9DCQTg
Penari kipas dari Korea menggunakan kipas yang besar dalam berbagai warna. Lalu mereka menyatukan kipas mereka dan menggerakkannya secara teratur mengayun ke atas dan ke bawah.
Salah satu bukti bahwa kebudayaan Korea sudah mulai di’sadari’ oleh masyarakat dunia  adalah dengan dikenalnya salah satu tarian tradisional masyarakat Korea. Mereka suka menyebut ‘Tari Kipas Korea’ atau bahasa Koreanya Buchaechum.Buchaechum merupakan tarian tradisional Korea dimana sekelompok wanita menari menggunakan kipas yang berhiaskan bunga Peony dan menggunakan Hanbok (tarian tradisional Korea) yang berwarna mencolok. (Wikipedia.com)




2. Tari Flamenco, Spanyol. 
Tari flamenco merupakan tarian Istana Moor yang kemudian dikembangkan dan dikreasikan oleh kaum Gipsi di kota Andlusia yang akhirnya dikenal sebagai tari flamenco.
menggunakan alat musik kastanyet untuk menambah warna musik yang dibawakan.Pada dasarnya pertunjukan flamenco merupakan pertunjukan musik dan tari, sehingga terkadang
Ciri khas dalam tari flamenco adalah gerakan filigrano dan zapateado.
Gerakan filigrabo adalah gerakan di mana penari menaikan tangannya kemudian menyimpulkan telapak tangan yang diselingi dengan tepukan tangan dan jentikan jari penari.
Sedangkan gerakan zapateado adalah gerakan di mana penari melengkungkan punggungnya sambil terus menghentakan kaki mengikuti irama.
Ketikan menampilkan tari flamenco biasanya penari seolah – olah sedang terlena dengan emosi yang ditimbulkan oleh musik dan tarian tersebut, atau sering disebut sebagai duende.
Sehingga dalam membawakan tarian ini, para penari pria dituntut untuk menampilkan sisi kemaskulinannya.
Sedangkan penari wanita dituntut untuk menampilkan ketenangan yang disertai rasa bangga dan sensualitas yang terkendali.






3. Tari Kathak, India.
Kathak (Hindi) merupakan salah satu dari lapan bentuk tarian klasik India, berasal dari India Utara. Tarian ini boleh dijejak asalnya kepada pencerita lisan nomad India utara silam, dikenali sebagai Kathaks, atau pencerita. Pencerita ini, membuat persembahan di lapangan kampung dan laman kuil, kebanyakannya khusus dalam mengisahkan kisah mitos dan moral dari kitab, dan menokok pengisahan mereka dengan alunan tangan dan mimik muka. Ia pada asasnya merupakan teater, menggunakan alatan dan bunyi muzik bersama gerak tangan, bagi menghidupkan penkisahan. Dalam bentuk kini terkandung bekas tarian kuil dan adat, dan pengaruh pergerakan bhakti. Sejak abad ke-16 seterusnya ia menyerap sesetengah ciri tarian Parsi dan tarian Asia Tengah yang diimport oleh istana diraja era Mughal.
Terdapat tiga jurusan utama atau gharana bagi Kathak dari mana pengamal masa kini menyusur susur galurnya: gharana dari Jaipur, Lucknow dan Benares (lahir di istana Kachwaha raja Rajput, Nawab dari Oudh, dan Varanasi mengikut turutan); terdapat juga gharana Raigarh yang kurang menonjol dan lebih muda dari mana teknik ketiga-tiga gharana sebelumnya digabung tetapi menjadi terkenal kerana komposisinya yang berbeza.
Tarian Kathak merupakan salah satu lagi tarian klasikal India yang berasal dari utara India. Perkataan Kathak berasal dari perkataan India Katha yang bermaksud 'seni bercerita'.


4. Tari Bali, Indonesia.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjUaLndOrFGzp60lpDa5v7urPvCWOym3xoDxQhEZqWgNw_r1wPjs0IzXXItTAkZooE4W4MqYvqjSTGeU_WgOfGNqgA2oOK1PxjVWA_9TfQ-362rM_9d-Sfq4L85Ae5bFdZpe2ZikRaW5L8/s1600/index.jpg
Fungsi Tari Bali
Secara umum fungsi daripada tari ada empat bagian, yaitu untuk sarana upacara,hiburan, pertunjukan, dan sekaligus sebagi media pendidikan. Berikut akan dijelaskan dari keempat fungsi tari, yaitu sebagai berikut:

5. Tari Naga, China.
 
Dalam mitologi China, naga menggambarkan kegagahan, keningratan dan keberuntungan. Tari naga digunakan untuk mengusir setan dan membawa keberuntungan bagi semua orang. Penarinya memiliki kemampuan bela diri. 
Sumber : Didapat dari berbagai sumber









Tidak ada komentar:

Posting Komentar