RIWAYAT HIDUP JOHANN STAMITZ
Jan Václav Antonín Stamic (kemudian , selama hidupnya di Mannheim begitu Jerman sebagai Johann Wenzel Anton Stamitz ) ( 18 Juni 1717 - 27 Maret 1757 ) adalah seorang komponis dan pemain biola Ceko . Johann adalah ayah dari Carl Stamitz dan Anton Stamitz , juga komposer . Musiknya mencerminkan transisi dari periode Barok ke era klasik .
Kehidupan
Jan Václav Antonín Stamic lahir di Německý Brod , Czechia , pada tanggal 18 Juni 1717. Dia adalah anak ketiga lahir dan yang pertama untuk bertahan hidup bayi masa lalu . Dia dibaptis pada 19 Juni 1717 dan mungkin lahir satu atau dua hari sebelum pembaptisan . Namanya muncul dalam registri sebagai Jan Waczlaw Antonin Stamitz . Keluarga Stamitz sangat artistik sebagai ayah Johann , Antonín Ignac , adalah organ di Gereja Dekan sebelum menjadi pedagang , pemilik tanah dan anggota dewan kota . Tiga saudara-saudaranya yang sangat artistik juga. Joseph František adalah seorang pelukis dan Antonín Tadeáš dan Václav Jan berdua musisi di beberapa titik dalam hidup mereka . Stamitz menerima pendidikan pertamanya di Německý Brod dan instruksi pertama musiknya kemungkinan besar datang dari ayahnya . Pada 1728, ia terdaftar di Jesuit gimnasium di Jihlava mana ia menerima pelatihan dari para Jesuit Bohemia , yang tinggi standar pendidikan musik siswa yang dihasilkan musisi perdana di Eropa .
Stamitz menghabiskan tahun ajaran 1734-1735 di Universitas Praha . Setelah hanya satu tahun , ia meninggalkan universitas untuk mengejar karir sebagai virtuoso biola . Kegiatan Stamitz ' selama periode enam tahun antara keberangkatannya dari universitas pada 1735 dan pengangkatannya di Mannheim sekitar 1741 tidak diketahui secara tepat .
Stamitz ditunjuk oleh pengadilan Mannheim baik pada 1741 atau 1742. Kemungkinan besar , pertunangannya di Mannheim dihasilkan dari kontak yang dibuat selama kampanye Bohemian dan penobatan Carl Albert ( Carl VII ) , sekutu dekat dari Palatine Pemilih . Pada Januari 1742 Stamitz dilakukan di Mannheim sebagai bagian dari perayaan sekitarnya pernikahan Carl Theodor , yang berhasil pamannya Carl Philipp sebagai Pemilih Palatine kurang dari setahun kemudian , Carl Albert dari Bavaria adalah seorang tamu di pesta pernikahan .
Di Mannheim , Stamitz maju pesat , menjadi " Erster Hoff Violinist " atau Pertama Pengadilan Violinist pada 1743 . Dia telah diberikan kenaikan gaji sebesar 200 gulden , untuk 900 gulden , sebagian besar instrumentalis apapun Mannheim . Pada 1745 atau 1746 , ia diberi gelar Concertmeister . Akademi , yang menampilkan sekolah Mannheim dan Mannheim orkestra , adalah tanggung jawab utama dari Concertmeister dan Stamitz diminta untuk mempersiapkan dan melaksanakan kinerja , melakukan konserto , dan memberikan komposisi orkestra sendiri . Pada Feb 27, 1750, ia diangkat menjadi direktur musik instrumental . Tugas dan tanggung jawab lainnya Stamitz sudah termasuk pengawasan dan kinerja musik kamar , dan kinerja dalam orkestra untuk opera tertentu, produksi balet , bola , dan pelayanan gereja .
Stamitz menikah pada 1 Juli 1744 untuk Maria Antonia Luneborn . Mereka memiliki lima anak bersama-sama , Carl Philipp , Maria Francisco , Anton Thadäus Nepomuk , dan dua anak yang meninggal saat masih bayi .
Mungkin sekitar akhir musim panas 1754, Stamitz mengambil perjalanan selama setahun ke Paris , mungkin atas undangan pelindung musik Alexandre Le Riche de La Poupelinière , dengan siapa ia tinggal , Stamitz muncul di depan publik di Paris untuk pertama kalinya di konser Spirituel dari 8 September 1754 . Keberhasilan Stamitz ' di Paris mendorong dia untuk mempublikasikan Trios Orkestra nya , Op . 1 , dan mungkin publikasi lainnya dengan berbagai penerbit Paris .
Stamitz mungkin kembali ke Mannheim sekitar musim gugur 1755 , meninggal di sana pada musim semi 1757 , kurang dari dua tahun kemudian , pada usia 39 . Masuknya kematiannya berbunyi :
" ( 30 Maret 1757 . Dikuburkan , Jo'es Stainmiz , direktur musik pengadilan , sehingga ahli dalam seni yang setara dengan Dia akan hampir tidak dapat ditemukan . Rite disediakan) "
Komposisi
Komposisi Stamitz yang paling penting adalah 58 nya simfoni dan 10 nya trio orkestra . The orkestra trio , meskipun sering diklasifikasikan sebagai simfoni , sebenarnya suatu tempat antara simfoni dan trio ruang , dan dapat dimainkan dengan atau tanpa dua kali lipat dari bagian. Stamitz juga komposer concerto . Ini termasuk , di samping berbagai concerto biola , dua untuk harpsichord , 12 untuk flute , satu untuk oboe , dan satu untuk klarinet - antara concerto awal untuk instrumen ( Johann Melchior Molter enam dari tahun 1740-an tampaknya telah pertama [ rujukan?] ) . Ia juga terdiri sejumlah besar musik kamar untuk berbagai kombinasi instrumental, serta delapan karya vokal termasuk Mass konser beredar luas di D.
Komposisi Stamitz yang paling penting adalah 58 nya simfoni dan 10 nya trio orkestra . The orkestra trio , meskipun sering diklasifikasikan sebagai simfoni , sebenarnya suatu tempat antara simfoni dan trio ruang , dan dapat dimainkan dengan atau tanpa dua kali lipat dari bagian. Stamitz juga komposer concerto . Ini termasuk , di samping berbagai concerto biola , dua untuk harpsichord , 12 untuk flute , satu untuk oboe , dan satu untuk klarinet - antara concerto awal untuk instrumen ( Johann Melchior Molter enam dari tahun 1740-an tampaknya telah pertama [ rujukan?] ) . Ia juga terdiri sejumlah besar musik kamar untuk berbagai kombinasi instrumental, serta delapan karya vokal termasuk Mass konser beredar luas di D.
Karena setidaknya lima musisi lain dari abad ke-18 bantalan Stamitz nama keluarga, termasuk empat dari keluarga dekat Johann , setiap upaya untuk katalog karya Stamitz adalah berisiko di terbaik , terutama dalam pandangan dari banyak variasi dalam ejaan . Sebenarnya , beberapa kesulitan muncul dalam membedakan antara karya-karya Johann Stamitz dan orang putranya Carl dan Anton . Sebaliknya , hubungan antara nama ' Steinmetz ' dan ' Stamitz ' telah menyebabkan kebingungan yang besar , sebagai setidaknya dua musisi lain yang disebut ' Steinmetz ' hidup di abad ke-18 . [ Rujukan? ]
Inovasi dalam Classical Symphony
Stamitz memperluas skor orkestra , membuat angin penting untuk komposisi . Simfoninya dari tahun 1750 yang mencetak gol selama delapan bagian, empat senar , dua tanduk , dua oboes , meskipun seruling dan klarinet dapat mengganti . Tanduk tidak hanya memberikan latar belakang yang harmonis untuk string , namun jalur solo juga , dan dia juga adalah salah satu komposer pertama yang menulis garis independen untuk oboes .
Kepala inovasi dalam Stamitz ini simfoni karya adalah mereka adopsi dari siklus empat gerakan , dengan cepat / lambat pasangan diikuti oleh minuet dan trio dalam gerakan ketiga , berakhir dengan Presto atau gerakan prestissimo . Sementara contoh terisolasi struktur ini ada sebelumnya , Stamitz adalah komposer pertama yang menggunakannya secara konsisten : lebih dari separuh simfoni dan sembilan dari sepuluh nya orkestra trio dalam empat gerakan . Dia juga memberikan kontribusi untuk pengembangan bentuk sonata , yang paling sering digunakan dalam gerakan pertama simfoni .
Stamitz juga disesuaikan dan sifat-sifat diperpanjang awalnya dikembangkan di opera Italia dalam komposisinya . Dia menambahkan fitur dalam karyanya seperti bagian crescendo diperpanjang dan efek dinamis lainnya . Stamitz juga dimasukkan disederhanakan tutti tekstur chordal , skor sectional khusus , dan gerak harmonik lambat . Seperti opera Italia, komposisi Stamitz memiliki rasa yang kuat drive ritmis dan materi tematik khas dalam eksposisi .
Sumber : berbagai sumber
Stamitz juga disesuaikan dan sifat-sifat diperpanjang awalnya dikembangkan di opera Italia dalam komposisinya . Dia menambahkan fitur dalam karyanya seperti bagian crescendo diperpanjang dan efek dinamis lainnya . Stamitz juga dimasukkan disederhanakan tutti tekstur chordal , skor sectional khusus , dan gerak harmonik lambat . Seperti opera Italia, komposisi Stamitz memiliki rasa yang kuat drive ritmis dan materi tematik khas dalam eksposisi .
Sumber : berbagai sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar