Minggu, 27 Oktober 2013

RIWAYAT HIDUP JOHANN STAMITZ



RIWAYAT HIDUP  JOHANN STAMITZ
Jan Václav Antonín Stamic (kemudian , selama hidupnya di Mannheim begitu Jerman sebagai Johann Wenzel Anton Stamitz ) ( 18 Juni 1717 - 27 Maret 1757 ) adalah seorang komponis dan pemain biola Ceko . Johann adalah ayah dari Carl Stamitz dan Anton Stamitz , juga komposer . Musiknya mencerminkan transisi dari periode Barok ke era klasik .
Kehidupan
Jan Václav Antonín Stamic lahir di Německý Brod , Czechia , pada tanggal 18 Juni 1717. Dia adalah anak ketiga lahir dan yang pertama untuk bertahan hidup bayi masa lalu . Dia dibaptis pada 19 Juni 1717 dan mungkin lahir satu atau dua hari sebelum pembaptisan . Namanya muncul dalam registri sebagai Jan Waczlaw Antonin Stamitz . Keluarga Stamitz sangat artistik sebagai ayah Johann , Antonín Ignac , adalah organ di Gereja Dekan sebelum menjadi pedagang , pemilik tanah dan anggota dewan kota . Tiga saudara-saudaranya yang sangat artistik juga. Joseph František adalah seorang pelukis dan Antonín Tadeáš dan Václav Jan berdua musisi di beberapa titik dalam hidup mereka . Stamitz menerima pendidikan pertamanya di Německý Brod dan instruksi pertama musiknya kemungkinan besar datang dari ayahnya . Pada 1728, ia terdaftar di Jesuit gimnasium di Jihlava mana ia menerima pelatihan dari para Jesuit Bohemia , yang tinggi standar pendidikan musik siswa yang dihasilkan musisi perdana di Eropa .
Stamitz menghabiskan tahun ajaran 1734-1735 di Universitas Praha . Setelah hanya satu tahun , ia meninggalkan universitas untuk mengejar karir sebagai virtuoso biola . Kegiatan Stamitz ' selama periode enam tahun antara keberangkatannya dari universitas pada 1735 dan pengangkatannya di Mannheim sekitar 1741 tidak diketahui secara tepat .
Stamitz ditunjuk oleh pengadilan Mannheim baik pada 1741 atau 1742. Kemungkinan besar , pertunangannya di Mannheim dihasilkan dari kontak yang dibuat selama kampanye Bohemian dan penobatan Carl Albert ( Carl VII ) , sekutu dekat dari Palatine Pemilih . Pada Januari 1742 Stamitz dilakukan di Mannheim sebagai bagian dari perayaan sekitarnya pernikahan Carl Theodor , yang berhasil pamannya Carl Philipp sebagai Pemilih Palatine kurang dari setahun kemudian , Carl Albert dari Bavaria adalah seorang tamu di pesta pernikahan .

Di Mannheim , Stamitz maju pesat , menjadi " Erster Hoff Violinist " atau Pertama Pengadilan Violinist pada 1743 . Dia telah diberikan kenaikan gaji sebesar 200 gulden , untuk 900 gulden , sebagian besar instrumentalis apapun Mannheim . Pada 1745 atau 1746 , ia diberi gelar Concertmeister . Akademi , yang menampilkan sekolah Mannheim dan Mannheim orkestra , adalah tanggung jawab utama dari Concertmeister dan Stamitz diminta untuk mempersiapkan dan melaksanakan kinerja , melakukan konserto , dan memberikan komposisi orkestra sendiri . Pada Feb 27, 1750, ia diangkat menjadi direktur musik instrumental . Tugas dan tanggung jawab lainnya Stamitz sudah termasuk pengawasan dan kinerja musik kamar , dan kinerja dalam orkestra untuk opera tertentu, produksi balet , bola , dan pelayanan gereja .
Stamitz menikah pada 1 Juli 1744 untuk Maria Antonia Luneborn . Mereka memiliki lima anak bersama-sama , Carl Philipp , Maria Francisco , Anton Thadäus Nepomuk , dan dua anak yang meninggal saat masih bayi .

Mungkin sekitar akhir musim panas 1754, Stamitz mengambil perjalanan selama setahun ke Paris , mungkin atas undangan pelindung musik Alexandre Le Riche de La Poupelinière , dengan siapa ia tinggal , Stamitz muncul di depan publik di Paris untuk pertama kalinya di konser Spirituel dari 8 September 1754 . Keberhasilan Stamitz ' di Paris mendorong dia untuk mempublikasikan Trios Orkestra nya , Op . 1 , dan mungkin publikasi lainnya dengan berbagai penerbit Paris .

Stamitz mungkin kembali ke Mannheim sekitar musim gugur 1755 , meninggal di sana pada musim semi 1757 , kurang dari dua tahun kemudian , pada usia 39 . Masuknya kematiannya berbunyi :
" ( 30 Maret 1757 . Dikuburkan , Jo'es Stainmiz , direktur musik pengadilan , sehingga ahli dalam seni yang setara dengan Dia akan hampir tidak dapat ditemukan . Rite disediakan) "
Komposisi
Komposisi Stamitz yang paling penting adalah 58 nya simfoni dan 10 nya trio orkestra . The orkestra trio , meskipun sering diklasifikasikan sebagai simfoni , sebenarnya suatu tempat antara simfoni dan trio ruang , dan dapat dimainkan dengan atau tanpa dua kali lipat dari bagian. Stamitz juga komposer concerto . Ini termasuk , di samping berbagai concerto biola , dua untuk harpsichord , 12 untuk flute , satu untuk oboe , dan satu untuk klarinet - antara concerto awal untuk instrumen ( Johann Melchior Molter enam dari tahun 1740-an tampaknya telah pertama [ rujukan?] ) . Ia juga terdiri sejumlah besar musik kamar untuk berbagai kombinasi instrumental, serta delapan karya vokal termasuk Mass konser beredar luas di D.

Karena setidaknya lima musisi lain dari abad ke-18 bantalan Stamitz nama keluarga, termasuk empat dari keluarga dekat Johann , setiap upaya untuk katalog karya Stamitz adalah berisiko di terbaik , terutama dalam pandangan dari banyak variasi dalam ejaan . Sebenarnya , beberapa kesulitan muncul dalam membedakan antara karya-karya Johann Stamitz dan orang putranya Carl dan Anton . Sebaliknya , hubungan antara nama ' Steinmetz ' dan ' Stamitz ' telah menyebabkan kebingungan yang besar , sebagai setidaknya dua musisi lain yang disebut ' Steinmetz ' hidup di abad ke-18 . [ Rujukan? ]
Inovasi dalam Classical Symphony

Stamitz memperluas skor orkestra , membuat angin penting untuk komposisi . Simfoninya dari tahun 1750 yang mencetak gol selama delapan bagian, empat senar , dua tanduk , dua oboes , meskipun seruling dan klarinet dapat mengganti . Tanduk tidak hanya memberikan latar belakang yang harmonis untuk string , namun jalur solo juga , dan dia juga adalah salah satu komposer pertama yang menulis garis independen untuk oboes .
Kepala inovasi dalam Stamitz ini simfoni karya adalah mereka adopsi dari siklus empat gerakan , dengan cepat / lambat pasangan diikuti oleh minuet dan trio dalam gerakan ketiga , berakhir dengan Presto atau gerakan prestissimo . Sementara contoh terisolasi struktur ini ada sebelumnya , Stamitz adalah komposer pertama yang menggunakannya secara konsisten : lebih dari separuh simfoni dan sembilan dari sepuluh nya orkestra trio dalam empat gerakan . Dia juga memberikan kontribusi untuk pengembangan bentuk sonata , yang paling sering digunakan dalam gerakan pertama simfoni .
Stamitz juga disesuaikan dan sifat-sifat diperpanjang awalnya dikembangkan di opera Italia dalam komposisinya . Dia menambahkan fitur dalam karyanya seperti bagian crescendo diperpanjang dan efek dinamis lainnya . Stamitz juga dimasukkan disederhanakan tutti tekstur chordal , skor sectional khusus , dan gerak harmonik lambat . Seperti opera Italia, komposisi Stamitz memiliki rasa yang kuat drive ritmis dan materi tematik khas dalam eksposisi .

Sumber : berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar