KATA PENGANTAR
Puja
puji syukur kelompok kami ucapkan kepada Allah YME . karena dengan ridhonya
makalh ini dapat di susun dengan baik sesuai tema yaitu “ pengaruh Media
Komunikasi Dalam Menciptakan Keberhasilan komunikasi Dalam Suatu Kantor “ dalam
mata pelajaran pengantar Administrasi Perkantoran yang diampu oleh Bu Widya
suryani spd.
Dalam penyusunannya makalah ini
memang dibuat dengan sederhana yang didalamnya terdapat beberapa materi diantaranya mengenai
komunikasi kantor beserta media penyalurannya .
Kelompok kami berharap semoga
makalah yang telah kelompok kami susun dapat memenuhi kriteria tugas yang telah
diberikan .Dan semoga makalah ini dapat memberikan informasi dan berita
terhadap para pembacanya.
Kelompok
kami menyadari bahwa makalah ini belum sempurna,maka dari itu kelompok kami
mengharapkan kritik dan saran pada para pembacanya
Demak
, 20 februari 2015
Penyusun
,
Kelompok
4
BAB
1
LATAR
BELAKANG
Dalam penyusunannya makalah ini
mengandung banyak informasi mengenai Pengaruh Media Komunikasi Dalam
Menciptakan Keberhasilan Komunikasi Dalam suatu kantor diantaranya :
1) Faktor
stabil dalam kepuasan media komunikasi :
Ø Iklim
komunikasi
Ø Komunikasi
pengawasan
Ø Integrasi
organisasi
Ø Kualitas
media
Ø Komunikasi
dengan rekan kerja
Ø Informasi
perusahaan
Ø Komunikasi
balik individu
2) Fungsi
media komunikasi :
1. Efektifitas
2. Efisien
3. Konkrit
4. Motivatif
3) Pengertian
media komunikasi
4) Media
komunikasi ada 2 :
1. Media
primer
2. Media
sekunder
5) Pentingnya
media komunikasi untuk suatu kantor
Untuk
penjelasan lebih lanjut nya akan dibahas pada Makalah ini.
BAB
II
PERMASALAHAN
1) Bagaimana cara
yang harus di wujudkan seorang untuk melakukan komunikasi kantor ?
2) Apa
pengertian dari media komunikasi ?
3) Apa
sajakah faktor stabil dari kepuasan media komunikasi ?
4) Apakah
yang disebut kepuasan komunikasi ?
5) Jelaskan
fungsi media komunikasi ?
6) Jelaskan
bentuk media komunikasi ?
7) Pentingnya
media komunikasi dalam suatu kantor ?
BAB III
PEMBAHASAN
Cara
yang harus diwujudkan seseorang dalam membangun kopmunikasi kantor
Agar dapat tetap bertahan hidup dan
berkembang dalam menghadapi tuntutan zaman dan tuntutan masyarakat selah satu
aspek yang harus di perhatikan dan dikembangkan agar kinerja karyawan meningkat
aealah komunikasi organisasi kantor . ko0munikasi organisasi kantor setidak –
tidaknya suatu orang yang menduduki jabatan dengan satu orang bawahan atau
karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah di tentukan sebelumnya.
Media
komunikasi
Semua sarana yang dipakai untuk
memproduksi , mereproduksi , mendistribusikan , ataupun menyebarkan informasi
kepada pihak lain yg bersangkutan .
Faktor
stabil dari kepuasan media komunikasi .
1) Iklim
komunikasi
2) Komunikasi
pengawasan
3) Integrasi
organisasi
4) Kualitas
media
5) Komunikasi
dengan rekan kerja
6) Informasi
perusahaan
7) Umpan
balik individu
8) Komunikasi
atasan dengan bawahan
Kepuasan
Komunikasi
Kepuasan komunikasi digunakan untuk
menyatakan keseluruhan tingkat kepuasan yang dirasakan karyawannya dalam
lingkungan total komunikasi .
Kepuasan yaitu suatu konsep yang
biasanya pekenaan dengan kenyamanan , jadi kepuasan dalam berkomunikasi
berareti karyawan merasa nyaman dengan pesan – pesan, media , dan hubungannya
dalam organisasi . kepuasan dan keberhasilan perusahaan juga sangat berpengaruh terhadap media komunikasinya.
Fungsi
media komunikasi
1) Efektifitas
Dengan
adanya media komunikasi akan memperoleh kelancaran dalam menyampaikan informasi
2) Efisiensi
Dengan
menggunakan media komunikasi akan mempermudah kelancaran dan mempercepat
penyampaian informasi
3) Konkrit
Dengan memakai media komunikasi akan membantu memper
cepat isi pesan yang memiliki sifat abstrak
4) Motivatif
Dengan
menggunakan media komunikasi akan lebih bersemangat dalam melakukan komunikasi.
Bentuk
media komunikasi ada 2 :
1) Media
primer
Proses
penyampaian dengan menggunakan lambang ( symbol ) sebagai media.
Contoh:
bahasa , isyarat , gambar , warna , yang secara langsung mampu menerjemahkan
pikiran dan atau perasaan komunikator pada kommunikasi
2) Media
sekunder
Media
yang digunakan untuk memperlancar komunikasinya pada komunikasi sebagai sarana
ditempat yang relatif jauh atau jumlahnya banyak.
Contoh: surat kabar , majalah , radio ,
televisi.
Pentingnya
media komunikasi dalam suatu kantor
Jadi tanpa adanya suatu media
komunikasi dalam suatu proses komunikasi maka penyampaian pesan pada pihak lain
yang akan mengalami hambatan dan mengurangi keuntungan perusahaan untuk
mencapai tujuan dari perusahaan, dan sebaliknya jika media yang yang digunakan
baik maka komunikasi akan berjalan lancar dan tujuan perusahaannya dapat diraih
secara maksimal dengan efektif dan efisien.
Dengan adanya media komunikasi maka
dapat menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat, meningkatkan
produktivitas, hubungan kerjasama, juga lebih baik , promosi lebih mudah , dan
meningkatkan kesan profesional.
BAB
IV
PENUTUP
(
Kesimpulan dan Saran )
1. Kesimpulan
Dari
materi makalah yang telah kelompok kami buat kami mendapat kesimpulan bahwa
media komunikasi itu sangat penting bagi suatu kantor tanpa adanya suatu media
komunikasi dalam suatu proses komunikasi maka penyampaian pesan pada pihak lain
yang akan mengalami hambatan dan mengurangi keuntungan perusahaan untuk
mencapai tujuan dari seorang pengusaha,dan sebaliknya jika media yang digunakan
baik maka komunikasi akan berjalan dengan lancar dan tujuan perusahaannya dapat
diraih secara maksimal dengan efektif dan efisien.
Dengan adanya media komunikasi maka
dapat menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat, meningkatkan
produktivitas, hubungan kerjasama juga lebih baik, promosi lebih mudah , dan
meningkatkan kesan profesional.
2. Saran
Semoga makalah yang telah kelompok
kami buat dapat bermanfaat bagi para pembacanya,juga dapat memncapai tugas yang
diharapkan bisa mencapai nilai tugas yang maksimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar