Kamis, 19 Februari 2015

KATA PENGANTAR

Puja puji syukur kelompok kami ucapkan kepada Allah YME . karena dengan ridhonya makalh ini dapat di susun dengan baik sesuai tema yaitu “ pengaruh Media Komunikasi Dalam Menciptakan Keberhasilan komunikasi Dalam Suatu Kantor “ dalam mata pelajaran pengantar Administrasi Perkantoran yang diampu oleh Bu Widya suryani spd.
            Dalam penyusunannya makalah ini memang dibuat dengan sederhana yang didalamnya terdapat  beberapa materi diantaranya mengenai komunikasi kantor beserta media penyalurannya .
            Kelompok kami berharap semoga makalah yang telah kelompok kami susun dapat memenuhi kriteria tugas yang telah diberikan .Dan semoga makalah ini dapat memberikan informasi dan berita terhadap para pembacanya.
Kelompok kami menyadari bahwa makalah ini belum sempurna,maka dari itu kelompok kami mengharapkan kritik dan saran  pada  para pembacanya


                                                                                                Demak , 20 februari 2015
                                                                                                            Penyusun ,
                                                                                                            Kelompok 4










BAB 1
LATAR BELAKANG

            Dalam penyusunannya makalah ini mengandung banyak informasi mengenai Pengaruh Media Komunikasi Dalam Menciptakan Keberhasilan Komunikasi Dalam suatu kantor diantaranya :
1)      Faktor stabil dalam kepuasan media komunikasi :
Ø  Iklim komunikasi
Ø  Komunikasi pengawasan
Ø  Integrasi organisasi
Ø  Kualitas media
Ø  Komunikasi dengan rekan kerja
Ø  Informasi perusahaan
Ø  Komunikasi balik individu
2)      Fungsi media komunikasi :
1.      Efektifitas
2.      Efisien
3.      Konkrit
4.      Motivatif
3)      Pengertian media komunikasi
4)      Media komunikasi ada 2 :
1.      Media primer
2.      Media sekunder
5)      Pentingnya media komunikasi untuk suatu kantor

Untuk penjelasan lebih lanjut nya akan dibahas pada Makalah ini.



BAB II
PERMASALAHAN

1)      Bagaimana  cara  yang harus di wujudkan seorang untuk melakukan komunikasi kantor ?
2)      Apa pengertian dari media komunikasi ?
3)      Apa sajakah faktor stabil dari kepuasan media komunikasi ?
4)      Apakah yang disebut kepuasan komunikasi ?
5)      Jelaskan fungsi media komunikasi ?
6)      Jelaskan bentuk media komunikasi ?
7)      Pentingnya media komunikasi dalam suatu kantor ?















                                                          

BAB III
PEMBAHASAN

Cara yang harus diwujudkan seseorang dalam membangun kopmunikasi kantor
            Agar dapat tetap bertahan hidup dan berkembang dalam menghadapi tuntutan zaman dan tuntutan masyarakat selah satu aspek yang harus di perhatikan dan dikembangkan agar kinerja karyawan meningkat aealah komunikasi organisasi kantor . ko0munikasi organisasi kantor setidak – tidaknya suatu orang yang menduduki jabatan dengan satu orang bawahan atau karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah di tentukan sebelumnya.

Media komunikasi
            Semua sarana yang dipakai untuk memproduksi , mereproduksi , mendistribusikan , ataupun menyebarkan informasi kepada pihak lain yg bersangkutan .

Faktor stabil dari kepuasan media komunikasi .
1)      Iklim komunikasi
2)      Komunikasi pengawasan
3)      Integrasi organisasi
4)      Kualitas media
5)      Komunikasi dengan rekan kerja
6)      Informasi perusahaan
7)      Umpan balik individu
8)      Komunikasi atasan dengan bawahan
Kepuasan Komunikasi
            Kepuasan komunikasi digunakan untuk menyatakan keseluruhan tingkat kepuasan yang dirasakan karyawannya dalam lingkungan total komunikasi .
            Kepuasan yaitu suatu konsep yang biasanya pekenaan dengan kenyamanan , jadi kepuasan dalam berkomunikasi berareti karyawan merasa nyaman dengan pesan – pesan, media , dan hubungannya dalam organisasi . kepuasan dan keberhasilan perusahaan juga sangat  berpengaruh terhadap media komunikasinya.
Fungsi media komunikasi
1)      Efektifitas
Dengan adanya media komunikasi akan memperoleh kelancaran dalam menyampaikan informasi
2)      Efisiensi
Dengan menggunakan media komunikasi akan mempermudah kelancaran dan mempercepat penyampaian informasi
3)      Konkrit
Dengan  memakai media komunikasi akan membantu memper cepat isi pesan yang memiliki sifat abstrak
4)      Motivatif
Dengan menggunakan media komunikasi akan lebih bersemangat dalam melakukan komunikasi.

Bentuk media komunikasi ada 2 :
1)      Media primer
Proses penyampaian dengan menggunakan lambang ( symbol ) sebagai media.
      Contoh: bahasa , isyarat , gambar , warna , yang secara langsung mampu menerjemahkan pikiran dan atau perasaan komunikator pada kommunikasi
2)      Media sekunder
Media yang digunakan untuk memperlancar komunikasinya pada komunikasi sebagai sarana ditempat yang relatif jauh atau jumlahnya banyak.
      Contoh: surat kabar , majalah , radio , televisi.
Pentingnya media komunikasi dalam suatu kantor
            Jadi tanpa adanya suatu media komunikasi dalam suatu proses komunikasi maka penyampaian pesan pada pihak lain yang akan mengalami hambatan dan mengurangi keuntungan perusahaan untuk mencapai tujuan dari perusahaan, dan sebaliknya jika media yang yang digunakan baik maka komunikasi akan berjalan lancar dan tujuan perusahaannya dapat diraih secara maksimal dengan efektif dan efisien.
            Dengan adanya media komunikasi maka dapat menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat, meningkatkan produktivitas, hubungan kerjasama, juga lebih baik , promosi lebih mudah , dan meningkatkan kesan profesional.





















BAB IV
PENUTUP
( Kesimpulan dan Saran )

1.      Kesimpulan
            Dari materi makalah yang telah kelompok kami buat kami mendapat kesimpulan bahwa media komunikasi itu sangat penting bagi suatu kantor tanpa adanya suatu media komunikasi dalam suatu proses komunikasi maka penyampaian pesan pada pihak lain yang akan mengalami hambatan dan mengurangi keuntungan perusahaan untuk mencapai tujuan dari seorang pengusaha,dan sebaliknya jika media yang digunakan baik maka komunikasi akan berjalan dengan lancar dan tujuan perusahaannya dapat diraih secara maksimal dengan efektif dan efisien.
            Dengan adanya media komunikasi maka dapat menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat, meningkatkan produktivitas, hubungan kerjasama juga lebih baik, promosi lebih mudah , dan meningkatkan kesan profesional.

2.      Saran
            Semoga makalah yang telah kelompok kami buat dapat bermanfaat bagi para pembacanya,juga dapat memncapai tugas yang diharapkan bisa mencapai nilai tugas yang maksimal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar